Kapan Saya Harus Mempertimbangkan Untuk Menggunakan Hosting VPS?

Kapan Saya Harus Mempertimbangkan Untuk Menggunakan Hosting VPS?

Kapan Saya Harus Mempertimbangkan Untuk Menggunakan Hosting VPS?

BastClik DopTB РKetika berbicara tentang hosting situs web, VPS hosting adalah pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki website dengan tingkat pengunjung yang sudah banyak dan tidak lagi bisa menampunya di shared hosting. Karena bandwith, cpu dan disk space sudah tidak lagi bisa menampung website yang Anda miliki.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara shared hosting dan VPS. Kemudian kami akan merekomendasikan kepada Anda Kapan saya harus mempertimbangkan untuk menggunakan hosting VPS. Hal utama saat menggunakan VPS yang perlu diperhatikan seperti :

  • Pilih VPS yang tepat sesuai ke
  • Pelajari cara terhubung ke VPS menggunakan akses Secure Shell (SSH) .
  • Gunakan command line untuk mengelola VPS.

Perbedaan antara shared hosting dan VPS

Agar situs web berfungsi dengan baik, diperlukan server yang dapat diakses semua orang. Server dapat berupa komputer atau sistem komputer, dengan perangkat lunak khusus yang diinstal (dan bahkan perangkat keras khusus).

Ketika orang berbicara tentang shared hosting , maka merujuk pada jenis server hosting yang berisi beberapa situs web secara bersamaan. Metode ini membantu pemasok dapat menyediakan hosting untuk situs web dengan biaya murah, sehingga seringkali Anda akan menemukan paket shared hosting jauh lebih murah daripada jenis hosting lainnya. Namun, ada beberapa batasan untuk tipe hosting ini.

Untuk lebih memahami, cobalah memvisualisasikan situs web Anda seperti perangkat lunak komputer. Untuk beroperasi, diperlukan sumber daya, seperti RAM dan daya CPU. Semakin banyak orang menggunakan perangkat lunak pada saat yang sama, semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk beroperasi.

Perbedaan antara shared hosting dan VPS

Namun, komputer apa pun (atau server) hanya memiliki sumber daya terbatas. Ini berarti bahwa dengan shared hosting, Anda bisa mendapatkan banyak masalah dan kendala yang dapat memperlambat kinerja situs web. Contoh kasus ketika:

  • Penyedia hosting Anda memiliki terlalu banyak situs web di server yang sama.
  • Situs web Anda memiliki terlalu banyak lalu lintas.

Jika Anda memilih penyedia hosting terkemuka , Anda tidak perlu khawatir tentang kasus pertama. Namun, ketika situs web Anda tumbuh kuat, masalah memastikan kinerja tidak akan terhindarkan, terutama ketika Anda telah memilih paket shared hosting yang terkuat.

Untuk mengupgrade hosting, paket hosting berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah hosting VPS . Istilah virtual private server (VPS) pasti cukup membingungkan. VPS masih menggunakan infrastruktur server fisik yang sama dengan pengguna lain, tetapi setiap pengguna diberikan area virtual di server, dengan sumber dayanya sendiri.

Berikut adalah beberapa faktor berbeda antara VPS dan shared hosting secara umum:

  • VPS memiliki privasi tinggi. Bahkan jika Anda berbagi infrastruktur fisik yang sama, setiap VPS memiliki lingkungannya sendiri dan tidak tumpang tindih.
  • Anda tidak membagikan sumber daya dengan pengguna lain. Setiap VPS diberikan sejumlah sumber daya tertentu, sehingga Anda tidak akan mengalami hambatan jika ada banyak lalu lintas ke VPS lain.
  • VPS mudah dikembangkan. Bergantung pada penyedia layanan hosting yang Anda gunakan, biasanya Anda dapat dengan mudah meningkatkan sumber daya VPS kapan pun Anda butuhkan (misalnya, upgrade RAM, CPU, atau lainnya)
  • Anda memiliki kontrol penuh atas server. Dengan VPS, Anda dapat menyesuaikan konfigurasi server, melakukannya sendiri atau meminta bantuan penyedia hosting.
  • Biasanya, shared hosting tidak memungkinkan Anda untuk menyesuaikan banyak parameter server. Sebagai gantinya, semua parameter konfigurasi dioptimalkan untuk Anda, dan Anda perlu berinteraksi dengan server melalui antarmuka yang disebut panel kontrol.
  • Panel kontrol ini sering memiliki banyak fitur. Namun, tidak memiliki fitur administrasi server canggih. Dalam hal ini, meningkatkan ke VPS akan menyelesaikan kebutuhan Anda dengan lebih mudah, karena Anda dapat menyesuaikan semua parameter server yang Anda inginkan.

Singkatnya, upgrade ke VPS hosting harus dilakukan ketika Anda memerlukan lebih banyak sumber daya dan fitur lebih tinggi spesifikasinya, sehingga Anda dapat mengoperasikan situs web lebih efektif.

Kapan saya harus mempertimbangkan untuk menggunakan hosting VPS?

Seperti disebutkan di atas, faktor pertimbangan pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah kinerja VPS. Ketika situs web Anda memiliki banyak lalu lintas saat menggunakan shared hosting dan tidak cukup, saatnya Anda untuk mengupgrade ke paket VPS.

Ketika Anda mengalami masalah tersebut, juga tergantung pada paket hosting yang Anda gunakan, dan konfigurasi server penyedia yang disediakan untuk Anda. Biasanya, setiap penyedia memiliki beberapa opsi untuk paket shared hosting.

Karena setiap penyedia berbeda, sulit untuk mengetahui apakah Anda telah menggunakan semua sumber daya paket yang Anda gunakan. Namun, jika situs web Anda mencapai beberapa (atau semua) faktor berikut, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan upgrade :

  • Anda mendapatkan jumlah pengunjung yang melebihi batas wajar penggunaan shared hosting.
  • Ada peningkatan tajam dalam rasio bandwith Anda .
  • Waktu buka halaman Anda terus meningkat.

Karena itu, kami juga menyarankan Anda untuk secara proaktif memperhatikan kecepatan situs web. Jika situs web Anda menerima banyak lalu lintas dan Anda masih berusaha mengoptimalkannya tetapi masih gagal, maka saatnya untuk meningkatkan ke paket hosting VPS.

Paket VPS mungkin akan meningkatkan biaya hosting web Anda setiap bulannya. Namun, kenaikannya tidak banyak dan Anda hanya membayar beberapa dolar lagi untuk mencapai kinerja yang Anda butuhkan untuk performa situs yang lebih baik ketika pengunjung sudah banyak.